Pengertian dan Contoh Stratifikasi Sosial Terbuka, Tertutup dan Campuran

Apa yang dimaksud dengan stratifikasi sosial terbuka, stratifikasi sosial tertutup dan stratifikasi sosial campuran? Seperti pembahasan sebelumnya tentang pengertian stratifikasi sosial. Dimana di dalam pembahasan tersebut, arti dari stratifikasi sosial adalah bentuk pembeda manusia dalam masyarakat di dalam bentuk yang vertikal (bertingkat).
Pada pembahasan sebelumnya, stratifikasi sosial dibagi menjadi tiga macam, yaitu stratifikasi sosial terbuka, stratifikasi sosial tertutup, dan stratifikasi sosial campuran. Namun, pembahasan kali ini akan menjelaskan lebih rinci tentang jenis dari stratifikasi sosial tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan selengkapnya.


Stratifikasi Sosial Terbuka

Stratifikasi sosial terbuka adalah sebuah sistem stratifikasi sosial dimana seseorang atau kelompok yang menjadi anggota masyarakat memungkinkan untuk merubah tingkatan kelas sosialnya. Hal tersebut menyebabkan munculnya kompetisi antar individu maupun kelompok untuk merubah kelas dan status sosialnya di dalam masyarakat.


  • Contoh
    Seorang pedagang sate keliling bekerja keras dalam menekuni profesi nya. Karena kerja kerasnya, ia berhasil mengembangkan usahanya dengan membuka cabang di berbagai kota dan menjadi salah satu pengusaha sate sukses dengan menghasilkan omzet ratusan juta rupiah per bulan.


Stratifikasi Sosial Tertutup

Stratifikasi sosial tertutup adalah sebuah sistem stratifikasi sosial dimana seseorang atau kelompok yang menjadi anggota masyarakat cukup sulit untuk merubah tingkatan kelas sosialnya. Hal tersebut disebabkan beberapa hal, seperti sistem kelas sosial yang terdapat dalam masyarakatnya masih menerapkan sistem kelas sosial berdasarkan garis keturunan atau garis kelahiran semata.


  • Contoh
    Pada masyarakat Bali, ada terdapat empat macam kasta, yaitu sudra, waisya, ksatria dan brahmana. Dalam hal ini, masyarakat bali menempati kasta tertentu sejak ia dilahirkan. Orang yang sudah menempati kasta tertentu cukup sulit untuk berpindah tingkatan kasta nya. 


Stratifikasi Sosial Campuran

Stratifikasi sosial campuran merupakan gabungan dari stratifikasi sosial terbuka dan stratifikasi sosial tertutup. Artinya didalam masyarakat ada terdapat 2 sistem stratifikasi, ada sebagian masyarakat  sudah menggunakan stratifikasi sosial terbuka dan sebagian lagi masih menggunakan stratifikasi sosial tertutup.


  • Contoh
    Di dalam suatu masyarakat untuk jabatan sebagai kepala suku harus dari kasta tertentu (stratifikasi sosial tertutup). Sedangkan, di lini pemerintahan seperti lurah dapat diduduki oleh siapapun (stratifikasi sosial terbuka). Percampuran dua stratifikasi tersebut merupakan stratifikasi sosial campuran.

1 comment


EmoticonEmoticon